Pengertian/Perbedaan Troughput dan Bandwith [Lengkap]

Posted on

Pengertian dan perbedaan troughput dan bandwith – Bagaimana cara mengukur bandwith ? dan  bagaimanakah hubungannya dengan throughput ?

Tahukah kamu ?
Service description

Pernahkah sobat mengalami kondisi bandwith 64 kbps, namun pada saat mendownload file ukuran 128 kb, yang seharusnya masuk ke komputer dalam waktu 2 detik, tetapi file tersebut masuk pada detik ke 4 atau 6. Mau tahu jawabannya ? Simak artikel ini yaa  

Pengertian Bandwith

Bandwith adalah suatu ukuran dari banyaknya (jumlah) informasi  yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat lainnya. Dengan kata lain, Bandwith dipakai untuk mengukur baik aliran data analog maupun aliran data digital

Satuan jumlah yang digunakan untuk Bandwith adalah bps (bit per second). Satuan ini menunjukkan jumlah yang dapat mengalir per detik melalui saluran media. Sedangkan bit (binary digit) hanya terdiri dari dua angka yaitu angka 0 dan angka 1.

Lebih jelas, Bandwith adalah kemampuan maksimum dari pipa untuk mengalirkan data dalam ukuran waktu 1 detik. Sedangkan yang dimaksud kecepatan adalah jarak yang ditempuh dari suatu satuan waktu misalnya dalam satu detik.

Sebagai contoh, server sobat yang terhubung melalui kabel telepon menghubungkan dengan modem ke internet service provider isp dengan bandwidth 80 kbps. Artinya semakin lebar bandwidth yang ada tentu akan semakin besar data yang dilewatkan.

Nah pada jaringan komputer bandwidth dibagi menjadi dua yaitu bandwidth digital dan bandwidth analog.

  1. Bandwidth Digital adalah jumlah atau volume suatu data (dalam satuan bit per detik/bps) yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.
  2. Bandwidth Analog adalah perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur menggunakan satuan Hz (hertz) , yang bisa menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam waktu tertentu.

Pada dasarnya bandwidth juga memiliki kelemahan, apakah itu bandwidth tidak bisa menghitung berdasarkan kondisi jaringan yang sebenarnya.

Baca juga:

  1.  Fungsi dan Jenis Sistem Operasi Komputer
  2.  [Lengkap] Pengertian Aplikasi Komputer Serta Jenis Fungsi dan Contohnya (0)
  3. Cara Reset Printer Canon Ip 2770/2700 [eror 5b00 dengan Service tool]

Pengertian Throughput

Throughput adalah bandwidth yang aktual atau sebenarnya, yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu pula.

Bagaimana cara mengukur bandwidth? dan Bagaimana hubungannya dengan throughput?

Seperti telah diulas di atas, bandwidth adalah jumlah bit yang dapat dikirimkan dalam satu detik sedangkan throughput walau pun memiliki satuan dan rumus yang sama dengan bandwidth,

Tapi yang perlu digaris bawahi adalah  bahwa throughput lebih menggambarkan tentang bandwidth yang sebenarnya (aktual) pada suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan jaringan internet tertentu yang digunakan untuk mendownload suatu file dengan ukuran tertentu.

Perbedaan Bandwith dengan Troughput

pengertian throughput dan bandwith

 Dari ilustrasi gambar diatas, bisa kita lihat bahwa pipa bewarna hijau adalah Badwith, sedangkan gambar garis merah yang naik turun adalah Throughput .

Artinya, Bandwith adalah jumlah/besar data yang dilewatkan oleh media tertentu. Di sisi lain, Throughput adalah kemampuan besar data yang bisa lewat pada kondisi yang aktual atau sebenarnya. 

 

Nah, dibawah ini akan saya jelaskan tentang perbedaan dan hubungan bandwith dengan throughput, cara menghitung bandwith dan troughput.

Bnadwith adalah jumlah bit yang bisa dikirmkan/dialirkan dalam satu detik. Berikut ini rumusnya:

bandwidth = Σbits / s

Sebenarnya throughput memiliki satuan dan rumus yang sama dengan bandwidth namun throughput lebih menggambarkan bandwidth yang sebenarnya pada suatu waktu tertentu dan pada jaringan atau kondisi internet yang digunakan untuk mendownload suatu file dengan ukuran tertentu.

Berikut adalah formula pembanding throughput dengan bandwidth:

waktu _ download _ terbaik = ukuran _ file / bandwidth

waktu _ download _ typical = ukuran _ file / throughput

Contoh perhitungan bandwith dan troughput

Misalnya benwit yang sobat ketahui besarnya 64kbps dan sobat ingin mendownload file yang berukuran 128 kb di internet. Nah, bukankah seharusnya file tersebut sudah sampai ke komputer dalam waktu 2 detik (128/64) ? namun nyatanya file tersebut sudah tiba dalam waktu 8 detik. itu artinya bandwith yang sebenarnya atau yg disebut troughput adalah 128kb/8 detik = 16 kbps..

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Bandwidth dan Throughput

  • Piranti jaringan.
  • Tipe data yang ditransfer.
  • Topologi jaringan.
  • Banyaknya pengguna jaringan.
  • Spesifikasi komputer client/user.
  • Spesifikasi komputer server.
  • Induksi listrik dan cuaca.

Nah, itulah tadi Pengertian/Perbedaan Troughput dan Bandwith [Lengkap]. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih banyak atas kunjungannya.

Kunjungi artikel terbaru:

  1. [Praktis] Cara Membuat Pas Foto Dengan Ukuran 2*3, 3*4 dan 4*6 di Photoshop
  2. “5” Cara Mematikan Windows Update Di Windows 10
  3. [Work] Cara Melihat Password Wifi Di Windows 10, 7, 8
  4.  [Tips] Cara Menghilangkan Password Windows 10 / Login tanpa Password
  5. Cara Screenshoot Laptop/PC “Asus, Acer, Hp, Toshiba, Lenovo” All Type
Pengertian/Perbedaan Troughput dan Bandwith [Lengkap]
Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *