Tips Memulai Usaha Minimarket Beserta Persiapannya Lengkap

Posted on

Minimarket merupakan jenis usaha yang menyediakan berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari. Untuk membuka usaha Minimarket, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti lokasi usaha, modal dan perlengkapan. 

Perlengkapan dalam bisnis Minimarket merupakan bagian yang juga sangat penting. Misalnya rak Minimarket harus kokoh dan bisa memajang produk dalam jumlah banyak. 

Selain itu masih banyak perlengkapan yang dibutuhkan dalam bisnis Minimarket. Berikut tips seputar cara membuat usaha minimarket. 

Memilih jenis usaha minimarket

Saat memulai usaha minimarket kalian bisa menggunakan jenis usaha waralaba atau franchise di daerah anda, atau yang sudah terkenal seperti Indomaret atau Alfamart.

Kelebihan membuka usaha minimarket menggunakan franchise adalah nama yang sudah terkenal jadi orang tidak lagi asing dengan minimarket tersebut.

Anda juga bisa memulai usaha minimarket sendiri yang juga tentu punya kelebihan tersendiri seperti bebas menentukan jenis produk yang ingin anda jual dan juga bebas dalam menentukan modalnya. 

Pahami kebutuhan dari lingkungan sekitar

Membuat usaha minimarket sejatinya adalah Bagaimana kita bisa menyediakan produk yang dibutuhkan mulai dari lingkungan sekitar kita. Misalnya kita tinggal di daerah pedesaan atau banyak orang yang berprofesi sebagai petani. Anda bisa menyediakan berbagai produk pertanian mulai dari bibit atau dan obat-obatan pertanian.

Namun jika di lingkungan tersebut merupakan daerah Perumahan atau kota, Anda bisa menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari. 

Perencanaan modal dan biaya 

Setelah anda merangkum atau menentukan jenis usaha minimarket yang akan anda jalani, maka langkah selanjutnya adalah merencanakan modal dan pembiayaan. 

Anda bisa mulai mencari pemasok barang-barang yang murah, Lalu Anda bisa membuat daftar barang-barang yang ingin anda jual. Tentunya disesuaikan dengan modal anda miliki.

Selain menghitung jumlah modal untuk pembelian barang jangan lewatkan perhitungan biaya pemasaran, gaji karyawan, biaya perawatan seperti listrik, telepon air dan sewa bangunan jika ada.

Mengurus surat izin usaha

Minimarket merupakan jenis usaha yang membutuhkan surat izin pendirian. Karena supaya bisnis yang Anda jalankan terdaftar secara resmi dan tidak dianggap ilegal.

Anda bisa mengajukan surat izin usaha ke kantor pelayanan terdekat. Prosesnya mudah dan biayanya juga tidak mahal. 

Jika anda memulai jenis usaha minimarket sendiri, mungkin anda bisa memperhitungkan untuk mendaftarkan merek minimarket Anda ke lembaga terkait. Tujuannya untuk menghindari pelanggaran hak cipta atau hak merek lainnya.

Mempersiapkan perlengkapan minimarket

Di awal sudah di singgung bahwa perlengkapan minimarket juga termasuk kebutuhan yang tidak sedikit.

Perlengkapan yang harus ada dalam minimarket biasanya terdiri dari sistem keamanan seperti CCTV, mesin kasir beserta tv, kulkas untuk menyimpan minuman dingin, rak minimarket.

Rak supermarket yang baik biasanya terbuat dari besi dan baja, karena untuk menampung beban yang sangat berat dibutuhkan bahan rak yang kuat.

Tidak ketinggalan adalah rak kaca penyimpanan produk rokok dan kecantikan. 

Salah satu produk yang paling laris adalah produk rokok dan produk kecantikan. Jadi anda harus menyiapkan rak kaca ukuran sedang maupun besar untuk menyimpan produk-produk rokok produk kecantikan seperti bedak wanita parfum dan produk-produk Skin Care lain. 

Mencari karyawan terpercaya

Jika anda akan memulai usaha minimarket dengan menggunakan karyawan, anda akan dihadapkan dengan sulitnya mencari karyawan yang terpercaya. Solusinya anda bisa menghubungi perusahaan penyedia karyawan, atau dengan memperkerjakan anggota keluarga sendiri. Di samping itu Anda harus menyiapkan standar prosedur operasional yang ketat supaya tidak ada celah untuk terjadinya kecurangan.

Pada kondisi ini memulai usaha dengan jenis waralaba bisa diuntungkan karena kita tidak repot lagi menyusun SOP atau membuat aturan tentang pengelolaan dan sistem pengawasan di minimarket.