Download Driver Printer Epson L220 Gratis+Cara Install

Halo sobat pelajar dan pekerja kantoran dimanapun berada, kali ini dosentekno ingin membagikan artikel yang cukup banyak dicari yaitu mengenai driver printer epson l220. Sebelum kita ke link downloadnya, ada baiknya kita baca sekilas dulu mengenai printer Epson L220 ini. Salah satu printer Epson yang disambut baik oleh konsumen Indonesia adalah Epson L220, sebuah printer all-in-one andal. Printer ini memberikan hasil cetakan berkualitas memuaskan dengan efisiensi biaya. Dalam satu isi ulang tinta, Anda dapat mencetak sekitar 4000 lembar, selama printer tetap dalam kondisi baik.

Epson L220 adalah bagian dari L Series, yang menggunakan sistem tangki tinta atau yang juga dikenal sebagai sistem infus. Perlu dicatat bahwa printer dengan sistem tangki ini awalnya dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia. Oleh karena itu, printer ini pertama kali diluncurkan di Indonesia sebelum merambah ke negara-negara lain.

Epson L220 adalah bagian dari evolusi L Series setelah printer dengan sistem tangki menjadi populer di Indonesia selama lima tahun. Sebagai generasi penerus, Epson L220 menawarkan berbagai perbaikan, bukan hanya dalam hal ketahanan dan kecepatan mencetak, tetapi juga dalam desainnya yang lebih modern. Salah satu perubahan yang mencolok adalah penghapusan keran tinta.

Pada generasi printer L Series sebelumnya, keran tinta sebenarnya adalah fitur pengaman untuk tangki tinta saat memindahkan printer. Namun, seringkali pengguna kesulitan dalam memahami apakah keran tinta dalam posisi terbuka atau tertutup. Kesalahan ini, meskipun terlihat sepele, bisa berakibat pada kerusakan printer dan biaya perbaikan tambahan.

Oleh karena itu, Epson memutuskan untuk menghilangkan keran tinta pada Epson L220. Meskipun begitu, perwakilan Epson memastikan bahwa desain tangki tinta yang baru tetap aman, bahkan jika Anda sering memindahkan printer ke lokasi yang berbeda.

Spesifikasi Printer Epson L220

Printer Epson L220
Printer Epson L220

Epson L220 merupakan printer tinta infus yang dapat terhubung ke komputer melalui koneksi USB 2.0, dan memiliki kemampuan mencetak, memindai, dan menyalin. Kecepatan mencetaknya adalah 27 ppm untuk cetakan hitam-putih dan 15 ppm untuk cetakan berwarna. Printer ini menggunakan metode cetak on-demand inkjet dengan resolusi maksimal 5760 x 1440 dpi.

Untuk fungsi pemindaian, Epson L220 menggunakan flatbed image scanner dengan resolusi perangkat keras 600 x 1200 dpi, area pemindaian seukuran 216 x 297 mm, dan input tray hingga 50 lembar. Seperti umumnya flatbed scanner, teknologi pemindaian yang digunakan adalah Contact Imaging Sensor (CIS) dengan lensa serat optik.

Fitur Unggulan Printer Epson L220

Pengguna printer Epson L220 memiliki akses ke sejumlah fitur unggulan yang termasuk dalam printer ini. Beberapa di antaranya mencakup:

1. Hemat Biaya

Printer Epson L220 memungkinkan pengguna untuk mengurangi biaya cetak dengan kapasitas inktank yang mencetak ribuan halaman. Mengisi ulang setiap inktank dengan botol tinta Epson sekitar 100 ribu rupiah, dan satu botol dapat mencetak 4.000 halaman hitam dan 6.500 halaman berwarna. Dengan ini, pengguna dapat menghemat biaya cetak, dan printer ini juga memiliki konsumsi daya yang efisien saat mencetak, memindai, dan menyalin.

2. Mencetak dengan Cepat

Pengguna Epson L220 dapat mencetak dengan efisien. Dalam mode draft, printer ini dapat mencetak hingga 27 halaman hitam atau 15 halaman berwarna per menit. Meskipun demikian, printer ini memerlukan sekitar 69 detik untuk mencetak satu lembar foto.

3. Resolusi Cetak Tinggi

Hasil cetakan dari printer ini memperlihatkan kualitas yang sangat baik berkat resolusi tingginya. Printer ini memiliki resolusi maksimal sebesar 5760×1440 dpi.

4. Fotocopy

Epson L220 mampu melakukan fungsi fotokopi dengan jumlah maksimal hingga 20 lembar dalam satu kali penyalinan. Kecepatan penyalinannya adalah 12 ppm (black) atau 6 ppm (warna).

5. Scanner

Scanner pada printer ini memiliki area pemindaian maksimal seluas 21,6√ó27,7 cm. Hasil pemindaian dokumen dari scanner ini memiliki resolusi 600 x 1200 dpi. Waktu yang dibutuhkan untuk memindai satu halaman dokumen adalah antara 7 hingga 14 detik.

Baca Juga:

Download Driver Printer Epson L220 Terbaru

Hal lain yang perlu dipertimbangkan oleh pengguna yang memperhatikan aspek ekonomis dari sebuah printer adalah konsumsi daya listrik. Epson L220, ketika digunakan, mengonsumsi daya sebesar 12W. Dalam mode standby, daya yang digunakan adalah 3.8W. Saat tidur, hanya mengonsumsi 0.8W, dan ketika dimatikan, daya yang digunakan hanya sekitar 0.3W.

Printer Epson L220 juga dilengkapi dengan driver yang telah dikembangkan khusus untuk mendukung penggunaan pada berbagai sistem operasi yang didukung. Dengan mengunduh dan menginstal driver Epson L220, Anda dapat mengakses semua fitur dan fungsi yang dimiliki oleh printer ini. Untuk versi terbaru dan gratis dari driver printer Epson L220, silakan kunjungi tautan di bawah ini:

Untuk Windows

Untuk windows sendiri mendukung banyak sekali versi, diantaranya support Windows 10 32-bit, Windows 10 64-bit, Windows 8.1 32-bit, Windows 8.1 64-bit, Windows 8 32-bit, Windows 8 64-bit, Windows 7 32-bit, Windows 7 64-bit, Windows Vista 32-bit, Windows Vista 64-bit, Windows XP 32-bit, Windows XP 64-bit.

DOWNLOAD DRIVER 32-BIT DOWNLOAD DRIVER 64-BIT

DOWNLOAD SCANNER DRIVER

Untuk MAC

Untuk Driver yang mendukung Mac OS X (v10.11.x), Mac OS X (v10.10.x), Mac OS X (v10.9.x), Mac OS X (v10.8.x), Mac OS X (v10.7.x), Mac OS X (v10.6.x), Mac OS X (v10.5).

DOWNLOAD DRIVER FOR MAC SCANNER DRIVER FOR MAC

Cara Install Driver Printer Epson L220

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menginstal driver printer Epson L220:

  • Buka folder yang berisi file unduhan driver Epson L220.
  • Klik dua kali file instalasi driver printer yang ada dalam folder tersebut untuk memulai proses instalasi driver.
  • Aktifkan centang pada opsi “Set as default printer” untuk menjadikan printer ini sebagai printer utama.
  • Klik tombol OK untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Pilih bahasa yang diinginkan.
  • Klik tombol OK, dan akan muncul tampilan “License Agreement.”
  • Pilih opsi “Agree” untuk menyetujui Perjanjian Lisensi.
  • Klik tombol OK, dan proses instalasi akan dimulai.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan yang meminta Anda untuk menghubungkan kabel USB printer ke komputer.
  • Pilih opsi “Manual,” dan akan muncul tampilan yang menampilkan jenis port yang digunakan untuk menghubungkan printer.
  • Pilih “port USB001” jika Anda menggunakan kabel USB untuk menghubungkan printer.
  • Klik tombol OK, dan proses instalasi akan melanjutkan.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  • Klik tombol OK jika muncul notifikasi bahwa driver printer telah berhasil diinstal.

Jika Anda ingin menghubungkan printer dengan cara memilih langsung jenis port USB yang digunakan, opsi “Manual” adalah pilihan yang sesuai. Selain opsi manual, Anda juga dapat langsung menghubungkan kabel printer ke komputer saat diminta untuk mendeteksinya secara otomatis.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas driver printer Epson L220. Printer ini memiliki berbagai keunggulan, termasuk efisiensi biaya cetak dan kualitas cetakan yang baik. Epson L220 adalah bagian dari L Series dan menggunakan sistem tangki tinta. Anda dapat menghemat biaya cetak dengan mengisi ulang inktank dengan tinta Epson yang tersedia. Printer ini juga memiliki konsumsi daya yang efisien.

Epson L220 adalah printer tinta infus dengan kemampuan mencetak, memindai, dan menyalin. Kecepatan mencetaknya mencapai 27 ppm untuk cetakan hitam-putih dan 15 ppm untuk cetakan berwarna. Hasil cetakannya memiliki resolusi maksimal 5760×1440 dpi. Selain itu, printer ini juga dapat digunakan untuk menyalin dokumen dengan jumlah maksimal 20 lembar dan memiliki kecepatan salinan 12 ppm (hitam) atau 6 ppm (warna).

Scanner pada printer ini memiliki area pemindaian maksimal 21,6×27,7 cm dengan resolusi 600 x 1200 dpi. Proses pemindaian satu halaman dokumen memerlukan waktu antara 7 hingga 14 detik.

Selain itu, artikel ini juga memberikan informasi tentang cara mengunduh dan menginstal driver printer Epson L220. Terdapat tautan untuk mengunduh driver terbaru untuk sistem operasi Windows dan Mac. Langkah-langkah instalasi driver juga dijelaskan secara detail, termasuk pengaturan printer sebagai printer default dan pemilihan jenis port USB yang digunakan.

Jadi, artikel ini memberikan panduan lengkap tentang driver printer Epson L220, serta spesifikasi dan fitur dari printer tersebut. Semoga informasi ini membantu pengguna dalam menginstal dan menggunakan printer Epson L220 dengan mudah dan efisien.

4.9/5 - (7 votes)