Mengenal Jaringan WAN (Wide Area Network) + Konsep, Fungsi dan Kelebihan

Posted on

Mengenal jaringan WAN wide area network – apakah perbedaan jaringan WAN dan jaringan LAN ? jaringan WAN mencakup wilayah geografis yang lebih luas, contohnya jaringan komputer antar wilayah kota, bahkan negara.

Fungsi jaringan WAN salah satunya adalah mengintegrasikan dan menggabungkan jaringan LAN dan WAN menjadi satu sehingga akan mempermudah dan mempercepat arus informasi dan komunikasi. Kelebihan jaringan WAN dapat mempermudah dan mempercepat arus informasi dan juga komunikasi.

Jaringan WAN membutuhkan router dan saluran komunikasi publik karena pada prinsipnya jaringan WAN banyak digunakan pada perusahaan atau institusi yang memiliki skala minimal multinasional.

Konsep jaringan WAN (Wide Area Network)

mengenal pengertian jaringan wan serta fungsi dan contoh nya

Jaringan WAN (wide area network) adalah workgroup atau kumpulan jaringan LAN yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modern dan jaringan internet, dari /ke kantor pusat dan kantor cabang maupun antar kantor cabang.

Mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program aplikasi, disebut Host. Host dihubungkan dengan sebuah subnet komunikasi. Tugas subnet adalah membawa pesan yang berupa data dari host satu ke host lainnya, sebagai ilustrasi, digambarkan oleh sistem telepon yang membawa isi pembicaraan dari pembicara ke pendengar.

Subnet terdiri dari dua komponen yaitu kabel transmisi dan elemen switching. Kabel transmisi berfungsi memindahkan bit-bit dari satu mesin ke mesin yang lainnya atau biasa disebut juga sirkuit, channel atau trunk. Sedangkan elemen switching adalah komputer khusus yang berfungsi untuk menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih.

Switching yang dimaksud sering kita kenal dengan istilah router. Kita bisa melihat pada ilustrasi gambar di bawah ini yaitu setiap host dihubungkan ke land tempat dimana router berada, namun dalam beberapa keadaan sebuah host bisa dihubungkan langsung dengan router. Dari sini, terbentuklah subnet, yang merupakan kumpulan saluran komunikasi dan router (bukan host).

konsep jaringan wan

Baca juga:

  1. Pengertian dan Fungsi Kabel HDMI serta Kelebihannya
  2. Susunan (Urutan) Kabel UTP Straight dan Cross Over
  3. Inilah ! Fungsi, Kelebihan Dan Kelemahan Kabel Coaxial

Keuntungan jaringan WAN

keuntungan dan kelebihan jaringan wan

Dalam teks =
  1. Server kantor pusat, berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.
  2. Komunikasi antar kantor cabang dapat menggunakan email atau chat.
  3. Document file tidak lagi dikirim menggunakan Fax atau paket pos, namun dikirim melalui email dan transfer file dari kantor pusat ke kantor cabang. Keuntungannya lebih murah biaya dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
  4. Setiap hari dan pada waktu yang ditentukan, Polling data dan Updating data antar kantor bisa dilakukan. 

Koneksi jaringan WAN

Untuk mengkoneksikan jaringan WAN, kita harus menyiapkan alat khusus yang bekerja sebagai pusat layanan contohnya satelit VSAT. VSAT adalah sistem komunikasi satelit yang meliputi sejumlah stasiun remote (terminal VSAT), dan bila dibandingkan dengan komunikasi satelit lainnya, VSAT menggunakan antena parabola berdiameter lebih kecil yang menggunakan transponder satelit sebagai pengulang (repeater) yang didukung peralatan pada stasiun dan sebuah stasiun di bumi.

Konsep jaringan WAN adalah, kumpulan dari beberapa LAN yang digabungkan menjadi suatu jaringan baru. Peran VSAT adalah sebagai media penghubung antara suatu jaringan LAN.

Sistem kerja WAN

koneksi jaringan wan

Dalam teks =
WAN bekerja seperti halnya jaringan LAN, yaitu apabila diinginkan transfer data dari user di terminal VSAT yang lain, maka server pada terminal VSAT akan menghubungi stasiun hub kemudian stasiun hub akan menghubungkan dengan terminal VSAT yang diinginkan sehingga transfer data bisa terjadi.

Namun jika user yang akan dihubungi hanya berada pada terminal VSAT sendiri, maka tidak di lakukan hubungan ke stasiun Hub. 

Dalam perkembangan WAN, jika user (penggunanya) dan berada di seluruh belahan dunia  dan jaringan LAN semakin banyak , maka sistem tersebut dinamakan internet.

Infrastruktur jaringan WAN

Di dalam sebuah jaringan WAN, terdapat sejumlah perangkat yang melewatkan aliran data informasi, seperti halnya pada LAN (Local Area Network). Penggabungan semua perangkat akan menciptakan infrastruktur WAN yang terdiri dari perangkat-perangkat seperti:

1. Router untuk meningkatkan kemampuan di bridge.

mengenal router dalam wan

2. ATM Switch, Switch ATM yang menyediakan transfer data dengan kecepatan tinggi antara LAN dan WAN.

mengenal atm switch dalam wan

3. Modem dan csu/dsu, modem berfungsi mengkonversi sinyal digital dan analog.

4. Csu/dsu (Channel Service Unit/Data Service Unit) berfungsi mengirim data dalam format digital, melalui jaringan telepon digital.

mengenal csu dan dsu dalam wan

5. Communication server adalah server khusus, sehingga pengguna dapat melakukan dial dari lokasi remote dan terhubung ke jaringan LAN.

mengenal comunication server dalam wan

6. Multiplexer, berfungsi mentransmisikan gabungan beberapa sinyal melalui sebuah sirkuit (circuit).

mengenal multiplexer dalam jaringan wan

7. X.25/Frame Relay Switch berfungsi untuk menghubungkan data lokal/ private melalui jaringan data menggunakan sinyal digital.

mengenal frame relay switch dalam jaringan wan

Demikianlah pembahasan tentang Mengenal Jaringan WAN (Wide Area Network). Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian, dan jangan lupa bagikan jika bermanfaat. Terima kasih banyak atas kunjungannya.

Kunjungi artikel terbaru:

  1. Cara Mematikan Antivirus Avast Di Laptop Sementara
  2.  3 Fungsi Bandwith dalam Jaringan dan Hosting Serta Penjelasannya
  3. Pengertian/Perbedaan Troughput dan Bandwith [Lengkap]
  4. Fungsi dan Jenis Sistem Operasi Komputer
  5. [Lengkap] Pengertian Aplikasi Komputer Serta Jenis Fungsi dan Contohnya
Mengenal Jaringan WAN (Wide Area Network) + Konsep, Fungsi dan Kelebihan
5 (100%) 1 vote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *