Pengertian Komunikasi Daring [Dalam Jaringan], Fungsi dan Tujuannya

Posted on

pengertian komunikasi daring dan tujuannya

Dosentekno.com | Pengertian Komunikasi Daring, Fungsi dan Tujuannya – Apa itu komunikasi daring ? komunikasi daring adalah cara berkomunikasi, yang harus dilakukan dengan atau melalui jaringan/koneksi internet, dalam penyampaian pesan dan penerimaannya.

Pengertian Komunikasi Daring Menurut Ahli

pengertian dan fungsi komunikasi daringMenurut Warschauer, M. 2001 pp. 207-212, Pengertian komunikasi daring adalah mengacu kepada kegiatan membaca, menulis dan berkomunikasi melalui jaringan computer.

Komunikasi yang terjadi dalam dunia maya atau lazim juga disebut dunia maya, disebut komunikasi cyberspace.

Menurut Hafner & Lyon, Sejarah mencatat, pertama kali komunikasi daring dimulai pada tahun 1960-an, pada saat peneliti Amerika mengembangkan sebuah protocol yang memungkinkan seseorang dapat mengirim dan menerima informasi berupa pesan melalui computer.

Protocol yang dimaksud pada saat itu dinamakan ARPANET yang resmi di luncurkan pada tahun 1969 yang seiring perkembangannya pada sat ini menjadi internet.

Internet atau Interconnected Networks sendiri sudah digunakan oleh 200 juta orang di dunia pada pergantian millennium ke-3.

Baca juga:

  1. Pengertian ISP dan Contoh + Macamnya di Indonesia
  2. Mengenal Jaringan WAN (Wide Area Network) + Konsep, Fungsi dan Kelebihan
  3. Mengenal Jaringan  LAN  (Local Area  Network ) + Cara Pemasangannya

Keunggulan Komunikasi Dalam Jaringan / Komunikasi Daring

Komunikasi daring mempunyai keunggulan yang akan kami bandingkan dengan komunikasi konvensional, berikut  diantaranya:

  1. Komunikasi daring dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, dengan syarat mempunyai sarana (computer) dan terjangkau koneksi internet, setiap pengguna dapat melakukan komunikasi dimana saja.
  2. Komunikasi daring lebih efisien biaya, mengapa ? karena komunikasi daring tidak perlu harus bertatap muka untuk berkomunikasi, sehingga anda akan dapat menghemat biaya transportasi.
  3. Komunikasi daring lebih efisiensi waktu, kok bisa ya ? coba kita bayangkan, saat ingin mengobrol atau berkirim pesan, kita tidak perlu membuang waktu dengan melakukan perjalanan. Pesan dan komunikasi bisa disampaikan pada saat itu juga, dalam hitungan detik kedua pihak dapat berkomunikasi meskipun pada lokasi yang berjauhan.
  4. Komunikasi daring terintegrasi dengan layanan TIK Itu artinya, anda bisa memanfaatkan layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi lainnya seperti berbagi presentasi, dokumen dan lainnya.
  5. Komunikasi daring meningkatkan intensitas berkomunikasi. Itu artinya, komunikasi daring dapat mendorong orang-orang yang semula pasif atau diam saja di dunia nyata, bisa aktif berkomunikasi di dunia maya.
  6. Komunikasi daring meningkatkan partisipasi. Hal ini karena terbukanya jalur komunikasi yang semakin luas dan semakin banyak orang-orang yang bisa bergabung dalam suatu forum dan diskusi.

Kelemahan Komunikasi Daring

Kelemahan komunikasi daring diantaranya adalah:

  1. Komunikasi daring tidak bisa mewakili emosi pengguna. Dengan kata lain, raut muka, intonasi bicara, gerakan tubuh dan sifat fisik lainnya adalah hal yang sulit di pahami melalui komunikasi daring.
  2. Komunikasi daring membutuhkan peralatan khusus. Peralatan yang dimaksud adalah hardware dan software, yang bisa di dapatkan pada komputer dan smartphone.
  3. Komunikasi daring kerapkali membuat bingung penerima, karena terlalu banyak informasi yang kurang penting atau terlalu banyak informasi yang didapatkan.

Baca juga:

  1. Cara Mengunci Folder di Laptop [Windows7/8/10]
  2. [Berhasil] Cara Mengunci File Excel Dengan Password
  3. 6 Cara Compress File PDF Menjadi Kecil “Offline dan Online”

Fungsi Komunikasi

Menurut Robbins, Fungsi Komunikasi terdiri atas 4 fungsi, diantaranya:

  1. Informasi. Komunikasi dapat memberikan informasi yang diperlukan oleh setiap orang atau kelompok untuk mengambil keputusan dengan cara, meneruskan data (informasi yang diterima) dan menilai pilihan-pilihan alternative.
  2. Kendali. Fungsi komunikasi adalah untuk mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa cara. Contohnya, pada perusahaan atau organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus di patuhi oleh setiap karyawan yang bekerja pada organisasi/perusahaan tersebut.
  3. Motivasi. Komunikasi sangat membantu dalam perkembangan motivasi karyawan, yaitu dengan menjelaskan cara kerja dengan baik supaya dapat memperbaiki kinerja jika berada pada posisi di bawah standar.
  4. Pengungkapan emosional. Bagi karyawan kelompok kerja, komunikasi merupakan mekanisme fundamental dengan sesame rekan/anggota/karyawan untuk menunjukkan kepuasan atau kekecewaan sebagai ungkapan emosional dari perasaan pemenuhan kebutuhan social.

Tujuan Komunikasi Dalam Jaringan

Beberapa tujuan komunikasi dalam jaringan diantaranya:

  1. Memungkinkan pengiriman data secara efisien, ekonomis dan tanpa kesalahan. Pengiriman data juga bisa dilakukan dalam jumlah besar.
  2. Mendukung pengendalian jarak jauh, sehingga pengguna dapat mengendalikan komputer dan perangkatnya dari jarak jauh.
  3. Memudahkan manajemen kantor dalam melakukan desentralisasi atau sentralisasi, karena computer bisa diletakkan secara terpusat atau tersebar.
  4. Komunikasi daring dapat memudahkan pengelolaan dan pengaturan data pada satu perangkat atau lebih.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Komunikasi Daring, Fungsi dan Tujuannya. Terimakasih atas kunjungannya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan pembaca. ^^

Kunjungi artikel terbaru:

  1. 3 Fungsi Bandwith dalam Jaringan dan Hosting Serta Penjelasannya
  2. Pengertian/Perbedaan Troughput dan Bandwith [Lengkap]
  3. Fungsi dan Jenis Sistem Operasi Komputer
  4. [Lengkap] Pengertian Aplikasi Komputer Serta Jenis Fungsi dan Contohnya
  5. Susunan (Urutan) Kabel UTP Straight dan Cross Over 
Pengertian Komunikasi Daring [Dalam Jaringan], Fungsi dan Tujuannya
Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *