Pengertian Audio, Macam-Macam dan Contohnya

Posted on

Pengertian Audio, Macam-Macam , Contoh Audio – Definisi Audio adalah suara yang muncul akibat getaran suatu benda (kekuatannya minimal 20 kali/detik) dan bisa ditangkap oleh telinga manusia.

Sedangkan suara adalah getaran yang dihasilkan oleh adanya gesekan, atau pantulan dari benda-benda.

Pengertian Audio dalam Multimedia

Apakah audio itu ? audio merupakan sinyal elektrik yang digunakan untuk membawa unsur bunyi, sehingga audio dalam komunikasi bercirikan suara.

Istilah audio juga seringkali diartikan dengan sistem yang berhubungan dengan proses perekaman dan transmisi sistem pengambilan/penangkapan suara, amplifier, sambungan transmisi pembawa bunyi.

Macam – Macam Audio

Apa yang kamu ketahui tentang macam macam audio ? perna dengar istilah audio visual, audio streaming dan lainnya ? Nah nama-nama tersebut termasuk macam-macam audio visual loh, selengkapnya sebagai berikut:

  1. Audio visual

pengertian audio dan macam macamnya

Pengertian Audio visual adalah perangkat soundsistem yang digunakan untuk presentasi, atau acara-acara seperti home theater, karena perangkat ini sudah dilengkapi dengan penampilan gambar.

  1. Audio Streaming

pengertian audio visual, streaming dan modem riser

Pengertian Audio Streaming sering digunakan sebagai istilah untuk mendengarkan secara live melalui internet. Jadi, saat kita ingin mendengarkan music ,atau video music, kita tidak harus mendownload file(music) nya terlebih dahulu, langsung saja bisa di dengarkan.

Contoh audio streaming yang terkenal seperti: Winamp (mp3), RealAudio (ram) dan liquid radio.

  1. Audio Modem Riser

macam macam audio

Pengertian Audio Modem Riser adalah sebuah perangkat untuk motherboard intel yang memuat sirkuit audio dan sirkuit modem. Jadi Audio Modem Riser (AMR) menyediakan fungsi-fungsi analog atau kode-kode yang dibutuhan untuk operasi modem atau audio.

 Macam Macam Format Audio

Selama ini kita sudah menikmati jenis-jenis music digital. Disebut Music digital ini karena dalam proses produksinya menggunakan sinya digital. Nah, ada beberapa format audio sebagai hasil digitalisasi yang sudah dikenal oleh kebanyakan orang diantaranya adalah:

  1. MP3 (MPEG, Audio Layer 3)

MP3 (MPEG, Audio Layer 3) merupakan format musik digital yang paling popular, mengapa demikian ? karena ukuran file yang lebih kecil dan didukung dengan kualitas yang tidak kalah jika dibandingkan dengan CD Audio. Format MP3 (MPEG, Audio Layer 3) di kembangkan dan di patenkan oleh Fraunhofer Institute.

  1. Windows Media Audio (WMA)

Format ini terkenal karena kelebihannya yaitu kualitas music yang dihasilkan lebih baik dibandingkan MP3 maupun AAC. Format WMA sangat disukai oleh para vendor music dengan alasan, format ini mendukung Digital Rights Management (DRM). DRM adalah fitur untuk mencegah pembajakan music.

  1. Waveform Audio Format (WAV)

Waveform Audio Format adalah format standar berkas audio yang dikembagkan oleh Microsoft dan IBM.

Apakah teman-teman pernah mendengar dengan format IFF dan AIFF (digunakan komputer Amiga dan Macintosh) ?  WAV mirip dengan kedua format tersebut. Format ini sangat kompatibel dengan sistem operasi Windows dan Macintosh.

Format WAV bukan merupakan audio yang terkompres meskipun dapat menampung audio dalam bentuk compress.

  1. Real Audio

Real Audio adalah format dari RealNetworks yang biasa digunakan dalam layanan streaming audio. Format ini bisa anda temukan pada bitrate rendah. Pada umumnya, RealAudio menggunakan standar AAC MPEG-4 pada bitrate 128 kbps ke atas.

  1. Advanced Audio Coding (AAC)

AAC merupakan format audio standar Motion Picture Experts Group (MPEG). Pada bitrate di bawah 100 kbit/s, kualiltas suara format ini pada umumnya lebih baik dibandingkan format MP3 dalam bitrate yang sama.

Advanced Audio Coding adalah format umum yang dipakai ketika melakuka kompesi kukan kompresi CD audio pada Apple iPod dan iTunes (ekstensi .m4a).

Sample yang ditawarkan dua kai MP3 yaitu sampai 96 KHz, sedangkan MP3 hanya 44 KHz.

  1. Ogg Vorbis

Ogg Vorbis adalah format file yang unik, mengapa demikian ? karena format ini adalah satu-satunya yang terbuka dan gratis. Sedangkan format-format sebelumnya dipatenkan. Jadi bagi pengembang atau pembuat peranti keras yang ingin memainkan file dengan format tertentu harus membayar lisensinya.

  1. MIDI

Format audio MIDI ini berukuran kecil, pada ponsel jadul sering digunakan untuk ringtone. Format ini sangat cocok untuk suara yang dihasilkan  oleh peranti elektronik seperti synthesizer.

Demikian artikel tentang Pengertian Audio, Macam-Macam , Contoh. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yah. Terima kasih banyak atas kunjungannya.

Kunjungi juga artikel terbaru:

  1. Pengertian dan Fungsi Kabel HDMI serta Kelebihannya
  2. Susunan (Urutan) Kabel UTP Straight dan Cross Over
  3. Fungsi dan Jenis Sistem Operasi Komputer
  4. [Lengkap] Pengertian Aplikasi Komputer Serta Jenis Fungsi dan Contohnya
  5. Pengertian BIOS, Fungsi dan Macam-Macamnya

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *